Keadaan Hidup Orang Percaya (Gereja) Di Akhir Zaman Menurut Kitab Wahyu Dan Aplikasinya Bagi Kehidupan Orang Percaya (Gereja) Masa Kini

Authors

  • Ojosua A. Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia
  • Charisal B.S. Manu Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia
  • Filmon Berek Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

Keywords:

Kristus, Kitab Wahyu, Gereja, Akhir Zaman

Abstract

Abstrak: Dalam penelitian ini penulis akan membahas bagaimana keadaan hidup Gereja di akhir zaman dalam Kitab Wahyu dan bagaimana gereja masa kini menyikapinya. Dan metode yang dipakai oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara pengumpulan data-data melalui sumber-sumber baik buku, jurnal dan sumber ilmiah lainnya. Sumber-sumber tersebut yang pasti berkaitan dengan pembahasan penulis yang tertera dalam judul di atas. Sehingga penulis memiliki pembahasan secara ringkas seperti berikut. Istilah eskatologi berarti ilmu yang mengkaji peristiwa-peristiwa di akhir zaman. Secara khusus eskatologi dalam Kitab Wahyu berfokus pada kedatangan Kristus dan keadaan Gereja-Nya. Gereja tidak akan terhindar dari penganiayaan oleh pihak pembenci Kristus dan dirinya. Gereja memang akan mengalami penganiayaan tetapi Kristus tidak meninggalkan Gereja-Nya, melainkan Ia akan menyertai Gereja untuk tetap berpegang pada imannya. Sehingga pada Kristus datang untuk kedua kalinya Gereja akan berkuasa bersama-sama Kristus dalam Kerajaan-Nya. Oleh karena itu, Gereja masa kini pun harus terus berpegang pada imannya karena perjuangan mereka saat ini tidak akan menjadi sia-sia saja.

 

Abstract: In this research the author will discuss the state of life of the Church at the end of time in the Book of Revelation and how the church today responds to it. And the method used by the author in this research is a qualitative method by collecting data through sources such as books, journals and other scientific sources. These sources are definitely related to the author's discussion listed in the title above. So the author has a brief discussion as follows. The term eschatology means the science that studies events at the end of time. Specifically, eschatology in the Book of Revelation focuses on the coming of Christ and the state of His Church. The Church will not be spared from persecution by those who hate Christ and himself. The Church will indeed experience persecution, but Christ will not leave His Church, but He will accompany the Church to continue to hold on to her faith. So that when Christ comes a second time the Church will reign together with Christ in His Kingdom. Therefore, the Church today must continue to hold on to its faith because their current struggle will not be in vain.

References

Barclay, William, ed. Wahyu Kepada Yohanes-Pasal 6-22. jakarta, BPK Gunung mulia, 1983.

Berkhof, Louis, ed. Teologi Sistematika Doktrin Allah. Surabaya, Momentum, 2002.

BS, Jusuf, ed. Peristiwa-Peristiwa Akhir Zaman. Surabaya, Kursus Alkitab Tertulis Bukit Zaitun, 1998.

Daalen, David H. Van, ed. Pedoman Ke Dalam Kitab Wahyu Yohanes. jakarta, BPK Gunung mulia, 2004.

Drane, John, ed. Memahami Perjanjian Baru: Pengantar Histori-Teologis. jakarta, BPK Gunung mulia, 2005.

Groenen, C, ed. Pengantar Ke Dalam Perjanjian Baru. Yogyakarta: Kanisius, 1984.

Guthrie, Donald, ed. Teologi Perjanjian Baru 3. jakarta, BPK Gunung mulia, 1992.

Hagelberg, Dave, ed. Akhir Zaman: Penganiayaan Di Kitab Wahyu. Yogyakarta, ANDI, 2021.

———, ed. Tafsiran Kitab Wahyu Berbahasa Yunani. Yogyakarta, ANDI, 2021.

Hank, Ten Nepal, ed. Kamus Teologi Inggris-Indonesia. jakarta, BPK Gunung mulia, 1996.

De Heer, J.J, ed. Tafsiran Alkitab: Wahyu Kepada Yohanes. jakarta, BPK Gunung mulia, 2015.

Ladd, George E, ed. Teologi Perjanjian Baru Jilid 2. Malang, Yayasan Kalam Hidup, 1999.

Lindsey, Hal. Penggenapan Janji-Janji Allah. Edited by Hal Lindsey. Bandung: Kalam Hidup, 1982.

Listijabudi, Daniel, ed. Aku Akan Segera Datang: Refleksi Wahyu 22:7. Jakarta: Tirta Pembangunan Karya, 2011.

Marxsen, Willi, ed. Pengantar Perjanjian Baru: Pendekatan Kristis Terhadap Masalah-Masalahnya. jakarta, BPK Gunung mulia, 2018.

Ruslan, Rosady, ed. Metode Penelitiab Public Relations Dan Komunikasi. jakarta, Rajawali Pers, 2023.

Safaruddin. “Eskatologi.” Al-Hikmah 1 (2012).

Downloads

Published

"2023-12-25"dir

How to Cite

A., O., Manu, C. B., & Berek, F. (2023). Keadaan Hidup Orang Percaya (Gereja) Di Akhir Zaman Menurut Kitab Wahyu Dan Aplikasinya Bagi Kehidupan Orang Percaya (Gereja) Masa Kini. Jurnal Hashem Melech, 1(2), 104–114. Retrieved from https://jurnal.sttbmwt.ac.id/index.php/jhm/article/view/ojosua_2023